cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Gle Ghapui SIGLI, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Sains Riset
ISSN : 20880952     EISSN : 2714531X     DOI : -
Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia. Jurnal SAINS RISET memuat laporan hasil-hasil penelitian di laboratorium, hasil penelitian/survey lapangan, tulisan ilmiah populer, makalah suntingan dan review buku teks/ bahagian dari buku dalam berbagai disiplin ilmu (multi disiplin). Jurnal SAINS RISET diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan April dan September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): September 2021" : 51 Documents clear
PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII.A SMAN 1 DELIMA Ratnawati Ratnawati
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.486

Abstract

Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Strategi Dakwah Dan Perkembangan Islam Di Indonesia UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII.A SMAN 1 Delima. Tujuan dalam Penelitian iniadalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran typeStudent Teams Achievement Division (STAD) pada materi Strategi Dakwah dan PerkembanganIslam kelas XII.A SMAN 1 Delima dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakanmodel pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian tindakankelas terdiri dari tiga siklus dengan langkah-langkahnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Adapun hasil dari penelitian adalah Aktivitas guru dan siswa dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, II dan III, yang meliputi empat tahap dalam setiap siklusnya terdapat kemajuan yang signifikan. Guru menerapkan model STAD yang dimulai pada siklus II dan berakhir pada siklus III, siswa mengikuti rangkaian kegiatan keseluruhan siklus dengan semangat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD)meningkat, khususnya dalam penguasaan konsep materi untuk siswa. Terbukti dengan persentaseketuntasan belajar siklus I 45%, siklus II 70% dan Siklus III 95 %, hambatan-hambatan dalampenerapan Model STAD dapat diatasi dengan penentuan materi dan pembatasan materi. Setiapsiklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan penguasaan konsep PAI siswa.
KERJASAMA INDONESIA DAN INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION DALAM MELINDUNGI WNI SEBAGAI PEKERJA MIGRAN DI MALAYSIA MELALUI PROGRAM DECENT WORK COUNTRY PROGRAMMES (DCWP) Oktaviandono Oktaviandono; Muhammad Zuhdi Syahputra
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.485

Abstract

The state is obliged to guarantee rights, opportunities, and provide protection for every citizenwithout discrimination to get decent work and income, both at home and abroad in accordancewith their expertise, skills, talents, interests and abilities. So far, the government seems to be lessserious about protecting migrant workers, resulting in cases of human trafficking, slavery, forcedlabor, victims of violence, abuse, crimes against human dignity, and other treatments that violatehuman rights. For this reason, international cooperation is carried out to ensure the safety ofIndonesian Migrant Workers (IRC). One of the collaborations carried out is the collaborationbetween Indonesia and the International Labor Organization (ILO).Decent Work Country Program(DCWP) which serves to protect PMI in Malaysia, as one of the countries that receives the mostmigrant workers from Indonesia.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-1 MATERI MENGANALISIS BUKU FIKSI (CERPEN) PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA Sarlina Sarlina
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada kelas X MIPA-1 terhadap pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen) melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan Februari sampai dengan bulan April 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 30 siswa. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparetif artinya dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang telah dicapai pada setiap siklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 63,3% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,% dengan nilai rata-rata kelas 76,7. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 36,7% dan nilai rata-rata adalah 67,9. Dengan demikian, melalui penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen) pada siswa kelas X MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Menganalisis Buku Fiksi (Cerpen),  Model pembelajaran Group Investigatios (GI)
PRODUKTIVITAS PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU FIQIH MELALUI PENGEMBANGAN MODEL STRATEJIK PADA MAN DI KAB. PIDIE Safwan Safwan
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.483

Abstract

Pengembangan model Stratejid merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu kinerja guru. Model, yang dimaksudkan dengan model di sini adalah pendekatan atau pola implimentasidari pemberdayaan manajemen stratejik dalam sistem penyelenggaraan proses pembelajaran disekolah. Berdasarkan rumusan masalah pada tahun pertama, maka tujuan penelitian tahunpertama adalah: Menganalisis implimentasi manajemen stratejik sekolah, untuk mengetahuipersentase implimentasi manajemen stratejik yang sedang dilaksanakan oleh sekolah.Menghimpun dan mendeskripsikan kelemahan-kelemahan kinerja guru untuk diperbaiki dalam pelaksanaan implimentasi program peningkatan mutu kinerja guru dengan model stratejik. Menghimpun dan mendeskripsikan kelemahan- kelemahan dalam implimentasi manajemen stratejik sekolah yang sedang dilaksanakan, untuk perbaikan dalam diimplimentasi tahun kedua. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif, analitis kualitatif dengan menggunakan studi lapangan (field research)/survey, observasi langsung,wawancara, dokumentasi untuk memperoleh data. Kesimpulam: 1).Manajemen Startegis di MAN di Kab.Pidie dalam Kabupaten Pidie telah diterapkan untuk tercapainya pencapaian tujuan, telahditetapkan kriteria atau indikator-indikator untuk dapat disesuaikan ke masa yang akan datangdalam jangka panjang, mencangkup: Perencanaan Strategis, Penetapan strategi, Penerapanstrategi, Evaluasi-kontrol strategi. 2) Terdapat kelemahan-kelemahan dalam implimentasistratejik dan kinerja guru dalam kemampuan 4 kompetensi dan 10 kemapuan dasar guru dalampelaksanaan tugas dan fungsi.
MENINGKATKAN KETRAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Fakhriati Fakhriati
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.477

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan keterampilan etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMAN 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sapling dan diperoleh sampel penelitian sejumlah 10 siswa yang memiliki ketrampilan etika bergaul tinggi dan keterampilan etika bergaul rendah. Hal ini bertujuan agar heterogenitas dan homogenitas kelompok terpenuhi, sehingga dinamika kelompok dapat tercipta dan tujuan layanan bimbingan kelompok yaitu untuk meningkatkan ketrampilan etika pergaulan siswa dapat terwujud. Alat Pengumpulan data menggunakan skala perilaku ketrampilan etika pergaulan yang diberikan sebelum (evaluasi awal) dan sesudah pemberian perlakuan (evaluasi akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan etika pergaulan siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria rendah dengan presentase rata-rata sebesar 46.29% dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan presentase 87.23%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 40,94%. Sedangkan hasil penelitian sesudah dilakukan bimbingan  kelompok rata-ratanya adalah 87,23% termasuk kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah ketrampilan etika pergaulan siswa kelas XI MIPA-1  SMAN 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan Konselor di sekolah dapat melaksanakan bimbingan kelompok dengan sebaik- baiknya guna membantu meningkatkan keterampilan etika pergaulan siswa. kata kunci: keterampilan etika pergaulan dan layanan bimbingan kelompok
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRADED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Muhsin Muhsin; Husna Husna
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.484

Abstract

Communication ability is one of the goals of school mathematics learning, which is to directstudents to be able to communicate problems in mathematics to explain situations or problems.One effort that can be done by teachers is to use the Cooperative Integrated Reading andComposition (CIRC) learning model. The subjects of this study were students of class VIII SMPNegeri 1 Padang Tiji. The purpose of this research is to find out whether the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model can improve students' mathematicalcommunication skills. The population in this study was class VIII SMP Negeri 1 Padang Tiji,while the sample of this study was class VIII1 as the control class and class VIII3 as the experimental class. The sample of this study was selected using purposive sampling technique.Data collection methods used pre-test and post-test. Data analysis used the difference test of twomeans. The results showed that learning Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)can improve students' mathematical communication skills. This is indicated by the calculation ofthe difference in the two averages obtained by the value of Asymp. Sig (1-tailed) 0.001 (0.05)then H0 is rejected, so H1 is accepted.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) DI KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Maimunah Maimunah
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI MIPA-1 pelajaran fisika materi elastisitas zat padat tahun pelajaran 2020/2021 melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di XI MIPA-1SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, penelitian berlangsung selama tiga bulan yaitu sejak bulan september sampai dengan bulan november tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) (the classroom action research) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga kabupaten pidie tahun pelajaran 2020/2021 yakni sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan pra siklus dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,8% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,6% dengan nilai rata-rata kelas 78,6. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 53,1% dan nilai rata-rata adalah 66,6. Dengan demikian, melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi elastisitas zat padat pada siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga kabupaten pidie. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Elastisitas Zat Padat,  Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-1 PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSWQ) DI SMA NEGERI 1 GLUMPANG TIGA TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Cut Nurmala
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.474

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada siswa kelas X MIPA-1 SMA  Negeri  1 Glumpang Tiga tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian yang dilakukan tergolong sebagai penelitian eksperimental dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple randoms ampling, yang kemudian diperoleh kelas X MIPA-1 sebagai sampel. Peningkatan hasil belajar kognitif diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttes siswa, sedangkan peningkatan minat diketahui dari skor rata-rata angket yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Uji yang digunakan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa adalah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar Padas Siklus I hasil pree test menunjukkan siswa yang tuntas ada 13 orang atau 43,33% dengan nilai rata-rata 67,5 dan hasil post test siswa yang tuntas ada 21 orang atau 70% dengan nilai rata-rata 72,5.  pada Siklus II untuk pree tes siswa yang tuntas ada 15 orang atau 50% dengan nilai rata-rata 70,83 dan pada post test siswa yang tuntas ada 28 orang atau 93,33% dengan nilai rata-rata 81,5. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Learning Start With A Question dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa lkelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci:  Minat, Hasil Belajar, Learning Start With A Question
PENGGUNAAN PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI Mipa 7 MATERI HUKUM ARCHIMEDES PADA SMAN 1 SAKTI Erlinawati Erlinawati
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.479

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa kelas    materi hukum Archimedes  pelajaran  Fisika  melalui  pendekatan STEM pada SMAN 1 Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas   tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan   materi hukum Archimedes tahun pelajaran 2017/2018. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 71,86% (23 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 28,1% (9 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 93,75% (30 anak) dan sebanyak 6,25% (2 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada akhir  siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 58,59 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 3,66 menjadi 3.83.Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan  sebesar 55,3%, dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 15 siswa menjadi 30 siswa.  Dengan demikian  sebagian besar siswa kelas    SMAN 1 Sakti mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar pada materi hukum Archimedes.Kata kunci “ Pendekatan STEM, Motivasi,  dan  Hasil Belajar.”
UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LOGARITMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SISWA KELAS X MIPA-1 SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Jefrijal Jefrijal
Jurnal Sains Riset Vol 11, No 2 (2021): September 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsr.v11i2.475

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektifitas belajar matematika pada materi logaritma. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi logaritma melalui strategi pembelajaran aktif. Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Kembang Tanjong sedang objeknya adalah pembelajaran materi logaritma pada mata pelajaran Matematika yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan instrumen tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi logaritma yang diberikan. Persentase ketuntasan  dari 53,57% pada kondisi awal menjadi 67,86% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 92,86%.Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Efektif, dan Logaritma